Sejarah kaos oblong memang sangat menarik untuk dibahas. Kaos oblong merupakan jenis kaos yang paling digemari oleh banyak orang. Kaos ini disukai oleh banyak orang karena nyaman dan mudah untuk digunakan. Terlebih lagi kaos ini mudah sekali menyerap keringat dan tidak terlalu panas. Tak heran jika kaos ini merupakan kaos sejuta umat baik itu pria ataupun wanita.

Apa Itu Kaos Oblong?

Sebelum membahas tentang sejarah kaos, ada baiknya membahas tentang apa itu kaos oblong. Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Kaos oblong biasanya disebut dengan t – shirt dalam bahasa Inggris. Kaos ini merupakan jenis pakaian yang mampu menutupi bagian lengan, dada, bahu, dan serta perut. Karena ini merupakan kaos oblong, maka kaos ini tak berkerah, berleher bundar, serta memiliki lengan pendek. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat kaos oblong ini adalah katun ataupun polyster. Bisa jadi, gabungan bahan katun dan polyster menjadi bahan utama kaos oblong ini. Kaos ini memiliki beragam warna yang menarik dan dengan desain sablon yang unik dan indah. Tak heran jika kaos ini menjadi favorit banyak orang. 
Sejarah Kaos Oblong di Indonesia

sejarah kaos oblong di indonesia

Sejarah Kaos Oblong

Sejarah kaos oblong akan menarik untuk dibahas. Kaos ini awalnya dipakai oleh para tentara Inggris dan Amerika Serikat pada abad 19 hingga abad 20. Setelah awal kemunculannya, kaos oblong ini menjadi perbincangan oleh banyak orang. Khusus perkembangannya di Indonesia, kaos ini ada hubungannya dengan orang – orang Belanda. Konon, kaos oblong ini dibawa dan dipakai oleh para orang – orang Belanda yang menjajah Indonesia. Karena teknologi pemintalan benang dan pembuatan kaos itu belum terlalu familiar, maka kaos oblong ini menjadi pakaian mahal di waktu itu. Hanya orang – orang tertentu yang bisa membeli dan memakai kaos oblong ini. Ini membuat kaos oblong menjadi barang mahal pada waktu itu.

Sejarah kaos oblong di Indonesia memang cukup menarik untuk dibahas dan dikulik. Setelah kaos oblong mulai masuk di Indonesia melalui orang – orang Belanda, kemudian kaos ini mulai merambah daerah pedesaan di tahun 1970. Model kaos ini biasanya dikenakan oleh pria dengan bahan katun yang tipis, berwarna putih, dan ketat melekat. Ada beberapa jenis merk terkenal yang ditemukan pada jaman tersebut yaitu 77, Swan, Cabe Rawit, dan lain – lain. Bahkan pada tahun 1978, seorang kartunis GM Sudarta pun membuat bahasan tentang Generasi Kaos Oblong. Ini semakin mengukuhkan perkembangan kaos oblong di Indonesia.

sejarah kaos oblong

Sejarah Kaos Oblong di Indonesia

Di tahun 1980, kemudian mulai berkembang dan muncullah distributor dan produsen kaos oblong dengan berbagai merk yang terkenal seperti Dagadu, Joger, dan C59. Kaos – kaos tersebut mampu mencuri perhatian masyarakat dan pasar. Hal ini dikarenakan kaos – kaos tersebut memiliki desain yang unik dan juga menarik. Setelah itu, mulai muncullah beberapa merk kaos oblong lainnya seperti Poshboy, Osella, dan lain – lain yang mulai merambah pasar mall.

Di tahun 1990, perkembangan kaos oblong juga cukup bagus. Banyak produsen yang membuat kaosnya sendiri dan kemudian dijual sendiri. Kaos ini dinamakan kaos distro. Selain menjual kaos oblong biasanya pihak produsen ini juga menjual berbagai pernak – pernik menarik untuk melengkapi koleksi kaos oblong distro. Perkembangan kaos ini cukup signifikan dengan segala perubahan desain dan mindset. Itulah tadi penjelasan yang mendetail tentang apa itu kaos oblong dan sejarah kaos oblong. Jika ingin mendapatkan penjelasan yang lebih detail bisa di lihat di baca di link berikut ini!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *